Makalah
Biologi tentang “Ruang Lingkup Biologi dan Kerja Ilmiah”
Nama: Desmalia Syakira
Daftar Isi
Kata
Pengantar ………………………………………………………………………….
BAB
I PENDAHULUAN
Latar
Belakang ……………………………………………………………………………
Tujuan …………………………………………………………………………………………
BAB
II ISI/PEMBAHASAN
Ruang
lingkup biologi ……………………………………………………………………
Cabang-cabang
biologi ………………………………………………………………….
Manfaat
mempelajari biologi ………………………………………………………..
Metode
ilmiah ………………………………………………………………………………..
Keselamatan
kerja …………………………………………………………………………
Pengembangan
karir di masa depan berbasis biologi ……………………
BAB
III PENUTUP
KESIMPULAN ……………………………………………………………………………….
Kata Pengantar
Pertama-tama saya ingin
mengucapakan terima kasih banyak kepada Sang Maha Pencipta yang telah
memudahkan saya dalam membuat makalah ini. Dan saya juga ingin berterima kasih
yang tiada batasnya kepada guru Biologi saya, yang telah membimbing saya
dan mengajarkan saya dengan sangat baik sehingga saya dapat menyelesaikan
makalah ini dengan baik pula. Kepada Orang tua serta teman-teman yang telah
membantu dan selalu memotivasi saya agar tetap semangat dalam menyelesaikan
makalah ini dengan tepat waktu, saya juga mengucapakan terima kasih banyak.
Makalah
ini saya susun agar para pembaca terutama siswa dapat memperluas pengetahuannya
mengenai ILMU BIOLOGI , makalah yang saya sajikan ini berdasarkan pengamatan
dan data-data baik itu dari internet ataupun dari guru saya sendiri.
Makalah
ini berisi beberapa poin-poin dalam ilmu biologi. Yakni mengenai “Ruang Lingkup
Biologi, Kerja Ilmiah dan Keselamatan Kerja, serta Pengembangan Karir di Masa
Depan Berbasis Biologi”. Saya sadar makalah ini masih memiliki banyak
kekurangan, tapi dibalik kekurangan itu saya yakin makalah ini juga memiliki
kelebihan.
Semoga
makalah ini bermanfaat dan memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca,
meskipun makalah ini memiliki kekurangan. Maka dari itu, dengan hati terbuka
saya menerima saran dan kritiknya agar lebih membangun dan saya juga dapat
memperbaikinya. Terima kasih.
BAB
I PENDAHULUAN
Latar Belakang
Seperti
yang kita ketahui, biologi berasal dari 2 kata yakni Bios (hidup) dan Logos
(ilmu) . Sehingga dapat disimpulkan bahwa biologi adalah ilmu yang mempelajari
segala seluk-beluk tentang makhluk hidup, baik itu kehidupannya, struktur
tubuhnya, hubungannya dengan lingkungan dan lain-lain.
Biologi juga merupakan salah satu ilmu yang
berperan penting dalam kehidupan ini. Karena dengan adanya perkembangan
pengetahuan berbasis biologi, kita dapat meningkatakan derajat kehidupan bangsa
seperti penguasaan IPTEK di bidang kedokteran, pertanian, industri, pangan dan
sandang.
Selain itu, biologi juga memberikan
pengetahuan dasar untuk memelihara kualitas dan kelestarian lingkungan seperti
mencegah kerusakan lingkungan. Ilmu biologi juga membantu kita untuk mengenal
diri sendiri sebagai makhluk hidup dan membantu mengenal lingkungannya.
Dalam biologi, dikenal juga metode ilmiah
yang merupakan langkah-langkah untuk memperoleh fakta mengenai suatu fenomena
dengan menggunakan kaidah-kaidah yang telah disetujui oleh seluruh komunitas
sains.
Tujuan
® Mengidentifikasi ruang lingkup
biologi beserta bagian-bagiannya.
® Mengetahui cabang-cabang
ilmu biologi serta manfaat mempelajari biologi
® Mengetahui apa yang
dimaksud dengan metode ilmiah/kerja ilmiah dan langkah-langkahnya
® Mengidentifikasi hal-hal
yang mencakup keselamatan kerja
® Mengetahui bagaimana
pengembangan karir di masa depan berbasis biologi
BAB
II
Pembahasan / Isi
A. Ruang Lingkup BIologi
Ruang
lingkup biologi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makhluk
hidup. Istilah biologi berasal dari bahasa Belanda “biologie” yang juga
diturunkan dari gabungan kata bahasa Yunani, bios = hidup dan logos = ilmu.
Ilmu biologi disebut juga ilmu hayat yang artinya “Ilmu Kehidupan”. Objek
kajian biologi meliputi :
1.Tingkat
Molekul
Molekul
adalah hasil persenyawaan beberapa unsur yang melakukan metabolisme. Tingkat
molekul meliputi kajian :
a. Berbagai jenis molekul yang
menyusun tubuh makhluk hidup ( protein, karbohidrat, lemak, asam nukleat dan
vitamin )
b. Bagaimana molekul-molekul
tersebut dibuat dan apa fungsi serta peranannya dalam menunjang suatu organisme
2.Tingkat
Sel
Sel
adalah unit terkecil penyusun tubuh makhluk hidup. Tingkat sel meliputi kajian
:
a. Morfologi dan jenis-jenis
sel
b. Berbagai macam organela
penyusun sel ( inti sel, mitokondria, retikulum endoplasma, ribosom dan membran
sel ) dan fungsinya
c. Fungsi berbagai macam sel
dan metabolisme yang terjadi di dalm sel
d. Transportasi zat ke dalam
dan ke luar sel, serta cara sel berproduksi atau membelah didri
3.
Tingkat Jaringan
Jaringan
adalah kumpulan beberapa sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Tingkat
jaringan meliputi kajian :
a. Berbagai macam jaringan ( jaringan
epitel, jaringan ikat, jaringan epidermis dll ) dan fungsinya
b. Komponen-komponen penyusun
jaringan serta pembentukan dan perkembangan jaringan
c. Kultur jaringan dan
kelainan pada jaringan
4.Tingkat
Organ
Organ
adalah kumpulan beberapa jaringan yang memiliki fungsi tertentu. Tingkat organ
meliputi kajian :
a. Asal-usul dan perkembangan
organ, jenis-jenis organ ( mata, telinga, paru-paru, ginjal, lambung dll )
beserta fungsinya
b. Komponen penyusun organ, kelainan
yang terjadi pada organ dan transplantasi organ.
5.Tingkat
Sistem Organ
Sistem
Organ adalah sistem yang disusun oleh organ-organ yang saling berinteraksi dan
melaksanakan fungsi di dalam tubuh. Tingkat sistem organ meliputi kajian :
a. Berbagai macam sistem dan
fungsinya dalam mendukung kehidupan
b. Cara kerja sistem, serta
kelainan-kelainan atau gangguan yang terjadi pada sistem.
6.
Tingkat Individu
Individu
adalah makhluk hidup tunggal yang tinggal di suatu daerah. Tingkat kajian
Individu meliputi :
a. Jenis-jenis organisme serta
kedudukannya secara taksonomis
b. Cara memperoleh makanan,
berproduksi, bergerak, mempertahankan diri dan beradaptasi terhadap lingkungan.
7.Tingkat
Populasi
Populasi
adalah kumpulan individu sejenis yang berada pada waktu dan tempat yang sama.
Tingkat populasi meliputu kajian :
a. Perkembangan populasi,
angka/jumlah kelahiran ( natalitas ), angka/jumlah kematian ( mortalitas ),
perpindahan atau imigrasi
b. Kompetisi atau persaingan
antar anggota dalam memperebutkan pasangan, makanan dan tempat
8.Tingkat
Ekosistem
Ekosistem
adalah sekumpulan makhluk hidup dengan benda mati dalam suatu kesatuan tempat
hidup yang mempunyai hubungan timbal-bailk. Tingkat ekosistem meliputi kajian :
a. Jenis ekosistem, komponen
biotic (makhluk hidup) dan abiotik (benda mati) penyusun ekosistem
b. Fungsi masing-masing
komponen dalam ekosistem
c. Hubungan timbal-balik antara
makhluk hidup dengan lingkungan, rantai makanan, serta jarring-jaring makanan.
9.Tingkat
Biom
Biom
adalah sekelompok hewan dan tumbuhan yang tinggal di suatu lokasi geografis
tertentu yang wilyahnya jauh lebih luas dibandingkan dengan ekosistem. Tingkat
biom meliputi kajian :
a. Berbagai macam biom yang
ada di dunia
b. Ciri-ciri iklim yang
terpengaruh (misalnya curah hujan, kelembaban, suhu dan angin).
B. Cabang-cabang Ilmu Biologi
Berikut adalah cabang-cabang ilmu dalam
biologi :
1) Berdasarkan Objek Kajiannya
§ Zoologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang
hewan;
§ Botani, yaitu ilmu yang mempelajari tentang
tumbuhan;
§ Mikrobiologi, yaitu ilmu yang mempelajari
tentang mikroorganisme;
§ Bakteriologi, yaitu ilmu yang mempelajari
tentang bakteri;
§ Virologi, yaitu ilmu yang mempelajari
tentang virus;
§ Mikologi, yaitu ilmu yang mempelajari
tentang jamur;
§ Parasitologi, yaitu ilmu yang mempelajari
tentang parasit;
§ Ikhtiologi, yaitu ilmu yang mempelajari
tentang ikan;
§ Malakologi, yaitu ilmu yang mempelajari
tentang moluska;
§ Ornitologi, yaitu ilmu yang mempelajari
tentang burung;
§ Entomologi, yaitu ilmu yang mempelajari
tentang serangga;
§ Vikologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang
alga atu ganggang.
2) Berdasarkan Stuktur dan
Fungsi Makhluk Hidup
§ Sitologi, yaitu ilmu yang memperlajari
tentang sel;
§ Histologi, yaitu ilmu yang mempelajari
tentang jaringan;
§ Morfologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang
bentuk atau ciri luar makhluk hidup;
§ Fisiologi, yaitu ilmu yang mempelajari
tentang fungsi kerja tubuh;l
§ Anatomi, yaitu ilmu yang mempelajari
tentang bagian-bagian tubuh.
3) Berdasarkan Tema Pokoknya
§ Evolusi, yaitu ilmu yang mempelajari
tentang perubahan makhluk hidup dalam jangka waktu yang lama;
§ Genetika, yaitu ilmu yang mempelajari
tentang pewarisan sifat;
§ Ekologi, yaitu ilmu yang mempelajari
tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan
lingkungannya;
§ Etologi, yaitu ilmu yang mempelajari
tentang perilaku dan cara hidup hewan
4) Berdasarkan Objek dan Tema
Pokoknya
§ Genetika manusia, yaitu ilmu yang mempelajari
tentang pewarisan sifat pada manusia;
§ Ekologi tumbuhan, yaitu ilmu yang mempelajari
tentang hubungan timbal balik antara tumbuhan dan lingkungannya;
§ Ekologi hewan, yaitu ilmu yang mempelajari
tentang hubungan timbal balik antara hewan dan tumbuhan.
C. Manfaat Mempelajari Biologi
1) Manfaat bagi Diri Sendiri
§ Membantu mengenal dirinya sebagai makhluk
hidup dan membantu mengenal lingkungannya.
§ Memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang
dirinya sendiri sehingga dapat digunakan sebagai dasar untuk peningkatan
kualitas hidupnya, misalnya sebagai ilmu dasar untuk mencegah penyakit ,
mengetahui gejala penyakit, dasar pengobatan, dan memilih makanan bergizi.
§ Memiliki pengetahuan untuk pemanfaatan Sumber
Daya Alam Hayati bagi pemenuhan kebutuhan manusia secara optimal.
2) Manfaat bagi Lingkungan
§ Sebagai pengetahuan dasar untuk memelihara
kualitas dan kelestarian lingkungan , seperti mencegah kerusakan lingkungan ,
mendaur ulang limbah , menyediakan air bersih , dan mengendalikan hama.
§ Sebagai pengetahuan dasar untuk melakukan
konservasi atau pelestarian sumber daya hayati agar tidak punah.
3) Manfaat bagi Masa Depan
Bangsa
§ Memiliki pengetahuan untuk melakukan
diversifikasi pemanfaatan sumber daya hayati dalam rangka ketahanan pangan
bangsa
§ Memiliki pengetahuan untuk pengembangan IPTEK
berbasis biologi untuk meningkatkan derajat kehidupan bangsa , seperti
penguasaan IPTEK di bidang kedokteran, pertanian, industri, pangan, dan
sandang.
D. Metode Ilmiah
Metode Ilmiah adalah proses pemerolehan fakta
mengenai suatu fenomena dengan menggunakan kaidah yang telah disetujui oleh
seluruh komunitas sains. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1) Mengidentifikasi masalah
Masalah adalah sesuatu (persoalan) yang harus
diselesaikan. Masalah yang akan diteliti dapat diperoleh dari pengamatan
sehari-hari masalah yang ada selanjutnya kita buat rumusan masalah sehingga
disebut rumusan masalah. Rumusan masalah merupakan suatu pernyataan rinci,
lengkap, dan jelas mengenai ruang lingkup yang akan diteliti.
2) Membuat hipotesis
Hipotesis
adalah dugaan atau “jawaban” sementara mengenai suatu hal atau permasalahan
yang akan dibuktikan kebenarannya melalui data-data atau fakta-fakta hasil
penelitian. Hipotesis dapat dibagi dua yaitu :
· Hipotesis Alternatif ( H¹ )
Hipotesis
alternatif adalah hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh antara
variabel yang satu dengan variabel yang lain.
· Hipotesis Nol ( H° )
Hipotesis
nol adalah hipotesis yang menyatakan tidak ada pengaruh antara variabel antara
variabel yang satu dengan variabel yang lain.
3) Merancang Percobaan
Percobaan
atau eksperimen merupakan salah satu langkah dalam metode ilmiah yang berfungsi
untuk mendapatkan data yang digunakan untuk membuktikan apakah hipotesis kita
dapat diterima atau ditolak. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam
melakukan percobaan yaitu: lokasi penelitian, alat dan bahan yang digunakan,
metode kerja, unit percobaan, perlakuan, variabel dan pengamatan
4) Mengolah Data Pengamatan
Dari
hasil percobaan, akan diperoleh data. Data yaitu nilai-nilai hasil pengamatan
atau pengukuran yang selanjutnya akan diolah menjadi sebuah karya tulis ilmiah
ataupun makalah.
5) Membuat Kesimpulan
Dalam
membuat kesimpulan, peneliti harus memperhatikan hipotesis yang akan diajukan
serta data-data yang diperoleh dari hasil penelitian. Data-data penelitian yang
telah di analisis digunakan untuk menguji hipotesis mana yang diterima sehingga
kita dapat menarik kesimpulan dengan benar.
6) Mengomunikasikan Hasil
Penelitian
Salah
satu kewajiban peneliti adalah membuat laporan atau penelitian yang
dikerjakannya. Laporan penelitian merupakan karya tulis ilmiah sehingga harus
ditulis dengan aturan tertentu serta menggunakan bahasa dan kosa kata ilmiah
yang baku. Secara garis besar laporan hasil penelitian berisi: Pendahuluan,
tinjauan Pustaka, hipotesis, metode penelitian, hasil dan pembahasan,
kesimpulan dan saran, daftar pustaka dan lampiran.
E. Keselamatan Kerja
Berikut ini merupakan contoh keselamatan
kerja di laboratorium :
a. Selama bekerja di
laboratorium harus mengenakan jas laboratorium
b. Setiap pengguna
laboratorium harus menjaga ketertiban, kebersihan, dan keamanan laboratorium
c. Dilarang bekerja sendirian
di laboratorium
d. Dilarang bersendau gurau di
laboratorium
e. Dilarang bermain-main
dengan peralatan laboratorium dan bahan kimia
f. Sebelum bekerja di
laboratorium siapkan buku kerja dan alat tulis
g. Pelajari dengan seksama
jenis percobaan, jenis bahan, jenis peralatan, dan cara membuang limbah sisa
percobaan.
h. Dilarang makan, minum, dan
merokok di dalam laboratorium.
i. Jagalah kebersihan meja
percobaan.
j. Setiap praktikan harus
mencatat semua kegiatan dengan selengkap-lengkapnya.
k. Gunakan peralatan kerja
khusus, seperti kacamata pengaman , untuk melindungi mata.
l. Dilarang memakai sandal
atau sepatu terbuka atau sepatu berhak tinggi.
m. Biasakan mencuci tangan
dengan sabun dan air bersih , terutama setelah melakukan percobaan
n. Apabila terjadi kecelakaaan
yang berkaitan dengan bahan kimia, laporkan segera kepasa asisten
o. Matikan keran air dan
aliran listrik sebelum meninggalkan laboratoruim
Alat-alat keselamatan kerja di laboratorium :
a. Jas laboratorium
b. Kain lap yang tahan
panas/tidak mudah terbakar
c. Sarung tangan tahan panas
d. Masker
e. Kacamata pelindung
f. Ruangan khusus untuk
pemakaian bahan kimia berbahaya
g. Peralatan PPPK
h. Alat pemadam api ringan
F. Pengembangan Karir di Masa
Depan Berbasis Biologi
Ilmu biologi juga sangat berguna bagi masa
depan. Karena biologi mengajarkan kita cara berpikir logis .Karena dengan
menggunakan logika, pikiran akan berkesinambungan. Selain itu kita
dapat memiliki pengetahuan untuk melakukan diversifikasi pemanfaatan sumber
daya hayati dalam rangka ketahanan pangan bangsa dan kita juga dapat memiliki
pengetahuan untuk pengembangan IPTEK berbasis biologi untuk meningkatkan
derajat kehidupan bangsa , seperti penguasaan IPTEK di bidang kedokteran,
pertanian, industri, pangan, dan sandang. Sehingga, masa depan yang akan datang
dapat lebih baik.
BAB
III PENUTUP
Kesimpulan
a. Biologi merupakan ilmu
pengetahuan tentang makhluk hidup
b. Objek kajian biologi meliputi
permasalahan biologi dari tingkat molekul,sel,jaringa,organ,sistem
organ,individu,populasi,ekosistem dan biom
c. Sebagai ilmu yang objek
kajiannnya sangat luas , biologi memiliki cabang-cabang ilmu yang lebih
spesifik
d. Mempelajari ilmu biologi
dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri,lingkungan, dan masa
depan bangsa
e. Penelitian merupaskan
kegiatan untuk mencari jawaban yang benar dari suatu permasalahan atau untuk
memecahkan masalah
f. Langka-langkah dalam
melakukan penelitian meliputi merumuskan masalah,membuat hipotesisd,mengolah
data, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikan hasil penelitian
g. Sebagian besar penelitian
ilmiah dilakukan di dalam laboratorium. Semua pemakai laboratorium sangat
berperan dalam terciptanya keselamatan kerja
4 komentar:
Thanks gan info nya :v
ya gan :v semoga pr lu bisa di kerjakan
Alhamdulillah sekarang lagi ga ada pr :v
Oh baguslah tuh :v
Posting Komentar